Manfaat dan Kandungan Nutrisi Didalam Buah Naga

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Didalam Buah Naga

Buah naga saat ini masih populer di masyarakat karena konon memiliki banyak kelebihan. Sebagai antioksidan, ini adalah manfaat terbesar buah naga. Mari kita bicara satu sama lain tentang manfaat buah naga.

Buah naga adalah buah tropis yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan penduduk. Buah naga juga dikenal sebagai mutiara naga karena ada bintik-bintik di pulpa.

Beberapa manfaat buah naga dikenal sebagai anti-penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Apa Kandungan Nutrisi Buah Naga?


Buah naga rendah kalori dan mengandung vitamin dan mineral penting. 227 gram buah naga mengandung:

  • 136 kalori
  • 3 gram protein
  • 29 gram karbohidrat
  • 7 gram serat
  • besi
  • magnesium
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.

Buah naga juga mengandung bahan kimia yang berguna seperti polifenol, karoten, dan betacyanin.

Fungsi Buah Naga

Buah Naga memiliki banyak fungsi seperti:

Membantu melawan penyakit kronis
Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyebabkan kerusakan sel, peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga. Antioksidan menetralisir radikal bebas dan karenanya dapat mencegah kerusakan sel. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan kaya antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti masalah jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.
Jenis antioksidan kuat dalam buah naga adalah:

  • Vitamin C.
    Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan kaya vitamin C dapat mengurangi risiko kanker di daerah kepala dan leher.
  • betalains
  • karotenoid

Beta karoten dan likopen adalah pigmen yang memberi warna pada buah naga. Kadar karotenoid dapat mengurangi

risiko kanker dan penyakit jantung.
Antioksidan bekerja paling baik bila dikonsumsi secara alami dalam makanan daripada tablet atau suplemen. Antioksidan memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ini memiliki kandungan serat
Kandungan serat dalam buah naga adalah 3 gram. Wanita membutuhkan 25 gram serat dan 38 gram pria. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan pemeliharaan berat badan.

Meningkatkan kesehatan usus
Triliun mikroorganisme hidup di usus. Ketidakseimbangan bakteri dalam usus dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Buah naga mengandung prebiotik, berguna untuk meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Asupan prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Dengan menambah zat besi dalam tubuh
Zat besi memainkan peran penting dalam pengangkutan oksigen dalam tubuh dan dalam menghasilkan energi dari makanan. Buah naga adalah sumber zat besi yang baik dan juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi.

Ini mencegah penuaan dini
Kandungan vitamin C dapat menjaga kulit tetap kencang. Fosfor juga dapat mengurangi risiko penuaan dini.

Baca Juga :