Mengenal Kandungan Vitamin B1 Manfaat dan Kegunaanya

temberang.co.id – Vitamin B1, sering disebut tiamin, memainkan peran penting dalam mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Jika Anda kekurangan vitamin B1, tubuh Anda cepat lelah dan kehabisan energi. Apa manfaat vitamin B1 dan di mana Anda bisa mendapatkan vitamin ini? Ayo, cari tahu melalui tes berikut.

Apa itu vitamin B1?

Vitamin B1 atau tiamin adalah vitamin tipe B yang mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Karena vitamin B1 larut dalam air, vitamin ini diangkut melalui aliran darah dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Di atas segalanya untuk menjaga fungsi sistem saraf, jantung dan otot dan berfungsi dengan baik.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bisa disebut vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12? Padahal, vitamin B1 adalah jenis vitamin B pertama yang ditemukan oleh para ilmuwan. Untuk alasan ini, jenis vitamin B ini adalah nomor satu untuk membedakannya dari jenis vitamin B lainnya.
Apa manfaat kesehatan dari vitamin B1?

Meningkatkan fungsi kognitif otak memperkuat daya ingat

Keuntungan paling penting dari vitamin B1 adalah membantu mencegah komplikasi organ tubuh, khususnya sistem saraf, otak, jantung, perut, dan usus. Karena vitamin B1 diserap oleh elektrolit untuk menjaga fungsi sel otot dan saraf dalam tubuh.

Selanjutnya, berbagai manfaat vitamin B1 meliputi:

1. Cegah beri-beri

Manfaat vitamin B1 sangat penting untuk pencegahan beri-beri. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Akibatnya, ini memicu akumulasi asam piruvat dalam aliran darah dan menyebabkan beri-beri.

Gejala beriberi meliputi penurunan fungsi otot, sesak napas, peningkatan denyut jantung, kaki bengkak, mual dan kesulitan berbicara. Penyakit ini sering menyebabkan masalah kesehatan lainnya, termasuk gangguan jantung dan pencernaan.

2. Meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer

Dikutip oleh Livescience, vitamin B1 dapat membantu meningkatkan fungsi otak, terutama pada pasien Alzheimer. Ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Yayasan Penelitian Medis Vietnam-Amerika, yang menyatakan bahwa asupan vitamin B1 dapat meningkatkan fungsi kognitif pasien Alzheimer.

3. Mengurangi stres

Tiamin, juga dikenal sebagai vitamin B1, sering disebut vitamin anti-stres. Menurut dr. Penggunaan tiamin oleh Sherry Ross, bidan dan pakar kesehatan di Providence Saint Johns Health Center di Santa Monica, California, dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres.

Dengan pasokan vitamin B1 yang cukup, orang-orang yang sedikit stres, merasa lebih tenang, berpikir positif dan mampu melawan stres yang mengganggu pikiran mereka.

4. Tingkatkan resistensi

Banyak atlet mengandalkan suplemen tiamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, manfaat vitamin B1 dalam bentuk suplemen makanan juga dapat membantu meringankan berbagai penyakit, termasuk:

HIV / AIDS
katup throttle
katarak
Glaukoma dan masalah penglihatan lainnya
kanker serviks
diabetes
tegangan
penyakit jantung
Penyakit ginjal pada pasien dengan diabetes tipe 2
mabuk
Sistem kekebalan tubuh lemah

Namun, manfaat vitamin B1 untuk mencegah atau meringankan penyakit tersebut belum diteliti oleh para ahli untuk membuktikannya.
Berbagai sumber makanan lebih baik yang menawarkan manfaat vitamin B1

Vitamin untuk hamil dengan cepat

Menurut RDA (Tingkat Kecukupan Gizi) dari Kementerian Kesehatan Indonesia, total kebutuhan harian vitamin B1 untuk orang dewasa (16 hingga 49 tahun) adalah antara 1,1 dan 1,4 miligram.

Meskipun jumlahnya sangat rendah, mungkin ada kekurangan vitamin B1. Terutama jika Anda menderita diabetes atau HIV / AIDS, minum diuretik dosis tinggi, alkohol atau kecanduan hari tua.

Vitamin B1 juga tidak diproduksi atau disimpan dalam tubuh. Untuk alasan ini, perlu untuk mengambil vitamin B1 dari luar, yang berasal dari makanan.

Beberapa sumber makanan untuk vitamin B1 adalah:

daging
telur
Kacang seperti kedelai dan lentil
Biji-bijian utuh diperkaya dengan vitamin B1 seperti sereal, roti dan pasta
beras
Sayuran dan buah-buahan seperti kembang kol, jeruk, dan kentang

Untuk memaksimalkan manfaat vitamin B1, sebaiknya jangan minum teh dan kopi dengan makanan yang mengandung vitamin B1. Karena teh dan kopi mengandung tanin, bahan kimia yang dapat mengganggu penyerapan vitamin B1 dalam tubuh.

Selain suplemen, Anda juga bisa memanfaatkan suplemen vitamin B1. Namun, hubungi dokter Anda terlebih dahulu untuk menentukan dosis yang tepat untuk Anda.

Baca Artikel Lainnya:

Apakah Efektif Minum Susu Pelancar ASI selama Menyusui

Cara mengedit foto bergerak [Kine Master]